Jumat, 19 November 2010

Membuat Contoh Paragraf Dengan Metode : 1.Metode Definisi 2.Metode Sebab-Akibat 3.Metode Proses 4.Metode Contoh 5.Metode Klafikasi

Tugas 3 :Softskill Bahasa Indonesia 1.
Nama :Perdana Prin Putra.S
Npm :22108302
Kelas :3.Kb.05
B.Study :Bahasa Indonesia 1.


Membuat Contoh Paragraf Dengan Metode :

1.Metode Definisi
2.Metode Sebab-Akibat
3.Metode Proses
4.Metode Contoh
5.Metode Klafikasi

Seputar membahas sedikit apakah paragraf itu?
Paragraf itu adalah Unit terkecil sebuah karangan yang terdiri dari kalimat pokok atau gagasan utama dan
kalimat penjelas atau gagasan penjelas.

1.Metode Definisi

Contoh Paragraf Dengan Metode Definisi :
Karya sastra adalah ekspresi artistik manusia dengan menggunakan bahasa. Tidak semua karya artistik menggunakan bahasa, juga tidak semua ekspresi yang menggunakan bahasa adalah satra. Oleh karena itu, yang dimaksud dengan sastra atau karya sastra harus dikaitkan antara ekspresi artistik di satu pihak dan penggunaan media bahasa dipihak lainnya. Dengan demikian,kita akan beroleh pemahaman yang benar.

2.Metode Sebab-Akibat

Contoh Paragraf Dengan Metode Sebab-Akibat :
Anak-anak muda itu malas bekerja. Dapatkah mereka bertahan dalam kemalasan ketika mereka lapar? Karena malas bekerja, mereka mencuri sepeda motor yang parkir di tepi jalan,dan motor tersebut di jual dengan harga murah,akan tetapi pihak pembeli motor tersebut pura-pura tidak curiga dengan si penjual motor curian ini,setelah motor ini dalam proses nego harga,si pembeli tersebut diam-diam menelpon polisi dan akhirnya polisi tersebut langsung menyergap si penjual motor hasil curian tersebut.

3.Metode Proses

Contoh Paragraf Dengan Metode Proses :
Kecelakaan itu secara kronologis prosesnya sebagai berikut. Pertama, lampu stopan itu sudah menyala merah tetapi supir angkutan kota yang kami tumpangi itu tetap menerobosnya. Kedua, kami pun berusaha memperingatkannya dengan berbagai cara akan tetapi ia tidak menghiraukannya.Ketiga,tiba-tiba dari arah berlawanan ada mobil truk mau belok kiri. Karena truk itu dalam kecepatan tinggi lajunya, tidak bisa dihindari tabrakan itu pun terjadilah. Andai saja truk itu tidak melaju dangan kencang, kendaraan itu bisa berhenti seperti kendaraan lainnya,sekalipun kami harus menyumpah-serapahi pengemudi angkot yang sembrono itu.Terakhir, aku tidak sadar setelah terjadi tabrakan itu, tahu-tahu kami sudah dirumah sakit lagi dirawat.

4.Metode Contoh

Contoh Paragraf Dengan Metode Contoh :
Penerapan teknologi itu harus diiringi pula oleh usaha mempersiapkan mental para pemakainya dan juga rasa kepedulian. contohnya,peggunaan boks telepon umum.Karena masyarakat belum siap atau belum memiliki kesadaran yang baik,boks telepon umum tersebut itu seringkali mereka pakai untuk buang air kecil.Mungkin saja kita bisa memahami mereka karena kebelet buang air kecil akan tetapi kenapa harus buang air kecil di boks telepon umum tersebut.

5.Metode Klafikasi

Contoh Paragraf Dengan Metode Klafikasi :
Berdasarkan kecerdasannya manusia dibagi atas empat kelompok. Pertama, manusia yang jenius. Kelompok ini sangat jauh melampaui manusia yang rata-rata.Kedua, orang-orang pandai.Kelompok ini satu tingkat di atas kelompok rata-rata.Ketiga,kelompok rata-rata, yaitu kelompok yang kepandaiannya biasa-biasa.Kelompok terakhir, yaitu kelompok lambat, yaitu kelompok manusia yang kepandaiannya di bawah rata-rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar