Nama :Perdana Prin Putra.S
Npm :22108302
Kelas :4.KB.05
1. Letterhead
Merupakan bagian paling atas dari sebuah surat atau disebut juga dengan kepala surat. Berisikan informasi mengenai perusahaan, seperti alamat perusahanan, nomor telepon perusahaan, e-mail perusahaan, alamat website perusahaan, logo perusahaan, dll.
2. Date
Menunjukkan kapan surat dibuat. Biasanya terletak di sebelah kanan atas, tetapi ada juga yang meletakannya di sebelah kiri atas. Untuk gaya penulisan tanggal dapat dibedakan kedalam dua gaya penulisan, yaitu :
- Gaya Inggris Amerika
Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris Amerika biasanya hanya menggunakan angka dengan menempatkan penulisan bulan terlebih dahulu, kemudian tanggal, dan diikuti dengan penulisan tahun.
Contoh : 7/7/07 atau 7-7-07
Yang berarti menunjukkan bulan Juli, tanggal 07, dan tahun 2007. Untuk menghindari kerancuan ini, sebaiknya nama bulan ditulis dengan huruf maupun singkatan.
3. The Addressee of the letter
Merupakan penerima surat. Ditulis di sebelah kiri atas beberapa baris setelah penulisan tanggal, namun dapat juga ditulis langsung dibawah tanggal.
4. References
Digunakan sebagai pengarsipan atau dokumentasi surat yang dikirimkan atau yang diterima. Bisanya tulisan diberi garis bawah.
Contoh : Your Ref: KPS/C3, Our Ref: Con/13/1
5. Salutation
Merupakan salam pembuka atau salam hormat. Untuk salam pembuka jika jenis kelaminnya belum di ketahui dapat di tulis dengan cara menulis "Dear Madam" atau "Dear Sir", namun jika sudah diketahui nama dan jenis kelaminnya dapat ditulis "Dear Mr. Watanabe".
6. Subject
Merupakan baris subjek tidak benar-benar diperlukan. Untuk penempatan subjek dapat dibedakan kedalam dua penempatan, yakni :
- Inggris Amerika
Subjek ditempatkan diatas dari Salutation
7. Body of the letter
Merupakan pesan dari surat, Pesan yang tertulis dalam surat haruslah jelas dan langsung pada pokok permasalahan yang akan dibahas, dalam penulisan isi surat haruslah jelas, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh penerima surat dan tidak menggunakan bahasa sehari-hari.
8. Closing expression
Merupakan ekspresi penutup. Penggunaan kata "Yours faithfully" (Hormat) umumnya digunakan untuk menyapa "Sir" atau "Madam" yang tidak menggunakan nama penerima. Sedangkan untuk penggunaan kata "Yours sincerely” (Hormat), digunakan jika diijinkan menggunakan nama.
- “Dear Sir” atau “Dear Madam” harus selalu dikuti dengan “Yours faithfully,”
- “Dear Mr. (Mrs. atau Miss) Lee” dapat diikuti dengan “Yours sincerely,”
Secara tradisi ekpresi penutup harus diakhiri dengan tanda koma, namun sekarang tanda koma dapat dihilangkan.
9. Signature
Merupakan tanda tangan dari pengirim surat. Diposisikan di sebelah kanan bawah, atau juga dapat diposisikan di sebelah kiri bawah setelah penulisan ekspresi penutup. Biasanya menggunakan tinta berwarna hitam maupun biru.
10. The Writer’s Designation
Posisinya berada dibawah tanda tangan, merupakan nama dan jabatan dari penulis surat. Jabatan dari penulis dibutuhkan agar penerima mengetahui bahwa penulis merupakan orang yang berwewenang menulis isi surat tersebut.
11. Enclosure
Berada di sebelah kiri bawah. Digunakan Jika Anda menyertakan dokumen tambahan yang dikirim bersama dengan surat disebut juga dengan lampiran.
12. P.S (Postscript)
Berada di sebelah kiri bawah. Dianjurkan untuk menghindari postscript pada Business English letter.
13. cc (courtesy copies)
Sebelumnya carbon copies (salinan karbon). Merupakan daftar salinan kepada siapa penulis mendistribusikan surat, diurutkan sesuai dengan abjad.
Merupakan bagian paling atas dari sebuah surat atau disebut juga dengan kepala surat. Berisikan informasi mengenai perusahaan, seperti alamat perusahanan, nomor telepon perusahaan, e-mail perusahaan, alamat website perusahaan, logo perusahaan, dll.
2. Date
Menunjukkan kapan surat dibuat. Biasanya terletak di sebelah kanan atas, tetapi ada juga yang meletakannya di sebelah kiri atas. Untuk gaya penulisan tanggal dapat dibedakan kedalam dua gaya penulisan, yaitu :
- Gaya Inggris Amerika
Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris Amerika biasanya hanya menggunakan angka dengan menempatkan penulisan bulan terlebih dahulu, kemudian tanggal, dan diikuti dengan penulisan tahun.
Contoh : 7/7/07 atau 7-7-07
Yang berarti menunjukkan bulan Juli, tanggal 07, dan tahun 2007. Untuk menghindari kerancuan ini, sebaiknya nama bulan ditulis dengan huruf maupun singkatan.
3. The Addressee of the letter
Merupakan penerima surat. Ditulis di sebelah kiri atas beberapa baris setelah penulisan tanggal, namun dapat juga ditulis langsung dibawah tanggal.
4. References
Digunakan sebagai pengarsipan atau dokumentasi surat yang dikirimkan atau yang diterima. Bisanya tulisan diberi garis bawah.
Contoh : Your Ref: KPS/C3, Our Ref: Con/13/1
5. Salutation
Merupakan salam pembuka atau salam hormat. Untuk salam pembuka jika jenis kelaminnya belum di ketahui dapat di tulis dengan cara menulis "Dear Madam" atau "Dear Sir", namun jika sudah diketahui nama dan jenis kelaminnya dapat ditulis "Dear Mr. Watanabe".
6. Subject
Merupakan baris subjek tidak benar-benar diperlukan. Untuk penempatan subjek dapat dibedakan kedalam dua penempatan, yakni :
- Inggris Amerika
Subjek ditempatkan diatas dari Salutation
7. Body of the letter
Merupakan pesan dari surat, Pesan yang tertulis dalam surat haruslah jelas dan langsung pada pokok permasalahan yang akan dibahas, dalam penulisan isi surat haruslah jelas, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh penerima surat dan tidak menggunakan bahasa sehari-hari.
8. Closing expression
Merupakan ekspresi penutup. Penggunaan kata "Yours faithfully" (Hormat) umumnya digunakan untuk menyapa "Sir" atau "Madam" yang tidak menggunakan nama penerima. Sedangkan untuk penggunaan kata "Yours sincerely” (Hormat), digunakan jika diijinkan menggunakan nama.
- “Dear Sir” atau “Dear Madam” harus selalu dikuti dengan “Yours faithfully,”
- “Dear Mr. (Mrs. atau Miss) Lee” dapat diikuti dengan “Yours sincerely,”
Secara tradisi ekpresi penutup harus diakhiri dengan tanda koma, namun sekarang tanda koma dapat dihilangkan.
9. Signature
Merupakan tanda tangan dari pengirim surat. Diposisikan di sebelah kanan bawah, atau juga dapat diposisikan di sebelah kiri bawah setelah penulisan ekspresi penutup. Biasanya menggunakan tinta berwarna hitam maupun biru.
10. The Writer’s Designation
Posisinya berada dibawah tanda tangan, merupakan nama dan jabatan dari penulis surat. Jabatan dari penulis dibutuhkan agar penerima mengetahui bahwa penulis merupakan orang yang berwewenang menulis isi surat tersebut.
11. Enclosure
Berada di sebelah kiri bawah. Digunakan Jika Anda menyertakan dokumen tambahan yang dikirim bersama dengan surat disebut juga dengan lampiran.
12. P.S (Postscript)
Berada di sebelah kiri bawah. Dianjurkan untuk menghindari postscript pada Business English letter.
13. cc (courtesy copies)
Sebelumnya carbon copies (salinan karbon). Merupakan daftar salinan kepada siapa penulis mendistribusikan surat, diurutkan sesuai dengan abjad.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar